Dokumentasi

Senin, 23 Januari 2017

Laporan PKL SMK IT AT-TOOBA Puskesmas Nyompok Kopo

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM)Dan meningkatkan mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja dan tenaga Kerja yang handal serta trampil di perlukan pelatihan sedini mungkin.Oleh karena Itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengadakan program Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Penyelenggaraan Praktik kerja Lapangan bertujuan untuk :
1.      Menghasilkan tenaga kerja yang ahli dan professional,yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
2.      Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (link dan match) antaraSMK dan Industri
3.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan prifesional
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan siswa.


1.2  Tujuan pembuatan laporan         
         
   Tujuan pembuatan laporan adalah untuk mengetahui kegiatan aktifitas siswa dan perkembangan kemampuan siswa serta hasil  pencapaian dalam setiap kegiatan yang di laksanakan siswa selama mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selain itu juga sebagai bukti telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di PUSKESMAS NYOMPOK atau intansi terkait.



1.3  Metode Pengumpulan Data
   Untuk memperoleh keterangan dalam menyusun laporan ini penulis mempunyai beberapa cara yaitu:
1.      Interview
Penulis mengadakan Tanya jawab dengan pembimbing
2.      Diskusi
Data di peroleh lewat perbandingan dengan sesama kelompok maupun dengan teman
3.      Observasi
Penulis terjun langsung ke pekerjaan dengan mencatat segala kegiatan serta keterangan-keterangan yang di anggap menjadi bahan untuk membuat laporan.

           

                                                                                                                                               

                                                                                                                                                             
                                                     








BAB II
Tinjauan Umum Perusahaan
2.1  Profil Puskesmas Nyompok
A.    Data Geografis
Kecamatan kopo merupakan salah satu kecamatan di kabupatean Serang yang berlokasi kurang lebih 35 KM dari kabupaten Serang.Dengan luas wilayahPuskesmas Nyompok Kecamatan Kopo 1.759 Ha dengan batas wilayahsebagai berikut :
1.      Sebelah barat berbatasan dengan Desa Pasir Buyut Kecamatan Jawilan.
2.      Sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Solear,Kab Tangerang.
3.      Sebelah Utara berbatasan dengan kecamatan Cikande.
4.      Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Ranca Sumur.
Wilayah kerja Puskesmas Nyompok terdiri dari 5 Desa yaitu DesaNyompok,Desa Cidahu,Desa Carenang,Desa Gabus dan Desa Babakan Jaya.
B.     Data Demografi
Berdasarkan data yang di peroleh BPS(Badan Pusat Statistik) jumlah penduduk Puskesmas Nyompok,Kecamatan Kopo pada Tahun 2015 sebesar 24929 jiwa.
Perkembangan penduduk menurut jenis kelamin dapat di lihat dari ratio jenis kelamin yaitu perbandingan penduduk laki-laki dengan penduduk perempuan.Jumlah penduduk laki-laki relatif lebih banyak di bandingkan dengan penduduk perempuan yaitu masing-masing sebesar 121.785 Jiwa Penduduk perempuan sebesar 12.144 Jiwa.





Komposisi penduduk dan sasaran program secara lebih rinci dapat dilihat di Data Demografi.Mayoritas masyarakat Puskesmas Nyompok beragama islam.Hal ini melatar belakangi masyarakat yang religius,berasas gotong royong dan kekeluargaan.Struktur mata pencaharian Puskesmas Nyompok mayoritas petani dan sebagai kecil adalah buruh dan jasa.
C.    Data Umum UPTD Puskesmas Nyompok
Program Pelayanan Kesehatan di Puskesmas DTP NyompokSesuai dengan kemampuan tenaga maupun fasilitas yang berbeda-beda yang di milikimasing-masing puskesmas,program wajib yang di laksanakan di Puskesmas DTP Nyompok Sebagai Berikut:
Program Kesehatan Pokok/wajib :
1)      Program kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.
2)      Upaya kesehatan Limgkungan.
3)      Upaya perbaikan Gizi.
4)      Kesehatan ibu,anak dan KB.
5)      Pemberantasan penyakit menular dan pengendalian penyakit.
6)      Pengobatan.












2.2   VISI, MISI Dan MOTTO Puskesmas Nyompok
VISI :
       “Puskesmas Nyompok pilihan utama masyarakat Nyompok dan sekitarnya”
                       
                                                            MISI :
“Puskesmas Kesehatan atau hal-hal yang akan dilakukan UPTD Puskesmas Nyompok dalam upaya mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya”
Ø  Mengupayakan agar setiap pembangunan selalu berwawasan kesehatan.
Ø  Mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan professional.
Ø  Mendorongan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat.
MOTTO:
“Kepuasan Anda Kebahagian Kami”







                                                                       







2.3   Struktur Organisasi Puskesmas Nyompok
                                                                       







           


2.4   Standar Pelayanan Puskesmas Nyompok
Ø  Jam Masuk Kerja
o   Senin s/d Sabtu                                   :           07:30 s/d 14:00 WIB
o   Jum’at                                                 :           07:30 s/d 14:30 WIB
Ø  Waktu Pelayanan
Jam Buka Loket Pendaftaran
o   Senin – Kamis                                     :           07:30 s/d 12:00 WIB
o   Jum’at                                                 :           07:30 s/d 10:00 WIB
o   Sabtu                                                   :           07:30 s/d 11:00 WIB
(Waktu pengambilan nomor antri ditutup setengah jam sebelumnya)
Ø  Jam Buka Poli Klinik
o   Senin – Kamis                                     :           08:00 s/d 13:00 WIB
o   Jum’at                                                 :           08:00 s/d 11:00 WIB
o   Sabtu                                                   :           08:00 s/d 12:00 WIB
Pelayanan UGD                                        :           24 jam setiap hari
Pelayanan Persalinan                                 :           24 jam setiap hari
Tim reaksi Cepat-Siaga Bencana              :           24 jam setiap hari                   
2.6 Jenis dan Jadwal Pelayanan
o   Poli Klinik Umum                               :           Setiap hari kerja
o   Poli Klinik Gigi                                   :           Senin,Selasa,Kamis,sabtu
o   Poli Klinik Anak/MTBS                     :           Setiap hari kerja
o   Poli Klinik KIA/KB                            :           Setiap hari kerja
o   Poli Klinik Imunisasi                           :           Senin dan kamis
o   Poli Klinik Gizi                                   :           Senin,Selasa,dan kamis
o   Poli Klinik TB PARU                         :           Senin,selasa dan Rabu
o   Pemeriksaan Keuring                          :           Setiap hari kerja
o   Loket Obat                                          :           Setiap hari kerja
o   Laboratorium                                      :           Senin,selasa dan Rabu
o   Pelayanan USG                                   :           Tidak ada
o   UGD/Rawat Inap                               :           24 jam setiap hari
o   Pelayanan Persalinan                           :           24 jam setiap hari
BAB III
KEGIATAN POKOK PRAKTIK KERJA LAPANGAN
3.1     Pengertian Pelayanan Obat
Pelayanan obat adalah penyerahan obat yang benar kepada pasien yang benar dalam jumlah dan dosis yang di resepkan secara Rasional dengan petunjuk yang jelas di sertai informasi yang di perlukan.
3.2    Persiapan Kerja
        Persiapan kerja yang di lakukan siswa PKL sama dengan apa yang di lakukan oleh tenaga medis lainnya yaitu setiap hari masuk pada pukul 07:15 WIB dan pulang pukul 14:00 WIB dan di haruskan ikut mrlaksanakan peraturan yang berlaku di Puskesmas Nyompok.
3.3    Proses kerja
      Dalam melaksanakn kegiatan,pertama di beri pengarahan dan bimbingan oleh pembimbing tentang tahapan kerja,lingkungan kerja dan penempatan kerja yang telah diberikan,kami diberikan arahan tentang pekerjaan yang harus dilakukan sesuai dengan POLI(Ruangan) yang di tempati.Dikarenakan ada perbedaan dalam setiap POLI(Ruangan),maka pada setiap seminggu sekali kita operan ruangan agar kami dapat mengetahui tidak hanya satu POLI(Ruangan) yang disana.
3.4     Hasil-Hasil Yang Di Peroleh 
            Dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan(PKL) selama dalam jangka waktu 1,5 bulan banyak hal yang kami peroleh baik dalam suka maupun duka,dan kami dapat pelajaran semua yang telah kami laksanakan sehingga pelaksanaan PKL tidak sia-sia,bahkan sebaliknya kami mendapatkan ilmu pengetahuan tentang tata cara Pelayanan Obat yang baik.Selain mendapat ilmu pengetahuan dari kegiatan PKL kami dapat mengenal lebih dekat dengan tenaga medis di lingkungan Puskesmas Nyompok di Kecamatan Kopoyang telah memberikan pengetahuannya kepada kami yang dapat di jadikan pengalaman jika sudah memasuki dunia kerja nanti.
                                                                 
           Melalui kegiatan PKL kami dapat mempraktekan apa yang telah di pelajari di sekolah.Kegiatan PKL merupakan sarana untuk menyalurkan dan mengukur tingkat  kemampuan kita sebagai seorang calon Apoteker.Dengan kegiatan PKL kami bisa menambah wawasan tentang apa saja yang di lakukan seorang Apoteker selain memberikan pelayanan obat kepada pasien,kami juga dapat mengetahui bahwa seorang Apoteker harus  pandai bergaul dan ramah tamah terhadap pasien.Kami juga dapat mengetahui tata cara pelayanan obat yang baik dan benar.
           Kegiatan PKL sangat menunjang sekali terhadap pendidikan di sekolah kejuruan,sebab dengan melaksanakan kegiatan PKL kami dapat lebih mematangkan ilmu pengetahuan sehingga kami dapat mengetahui hal-hal yang bersangkutan dengan ilmu-ilmu tentang obat yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran untuk persiapan kami menuju dunia kerja yang baik lagi dan untuk untuk menciptakan Sumber Daya Manusia(SDM) yang berkualitas.
Pekerjaan yang saya lakukan setiap hari yaitu :
A.    UGD(Unit Gawat Darurat)
1.      Membantu perawat atau bidan yang ada di UGD(Unit Gawat darurat) dari membersihkan,mengambilkan alat dan bahan yang di perlukan dalam mengatasi keluhan pasien.
2.      Memeriksa,mendata dan merapihkan obat di lemari obat.
B.     Promkes, Kesling dan Gizi
1.      Dalam Promkes(Promosi Kesehatan): yang sering saya lakukan yaitu ikut serta dalam senam sehat di setiap minggunya.
2.      Kesling(Kesehatan Keliling) : Saya belum pernah dapat kegiatan pada saat Praktek Kerja lapangan(PKL) di sana.
3.      Gizi : Saya belum pernah dapat kegiatan pada saat Praktek Kerja lapangan(PKL) di sana.




C.     Apotik
1.      Melayani pasien (Pelayanan Obat)
Pelayanan obat adalah proses kegiatan meliputi aspek teknis dan non teknis, mulai dari menerima resep dari dokter sampai penyerahan obat kepada pasien.
2.      Tujuan
·         Pasien mendapat obat sesuai resep.
·         Pasien mendapat informasi tentang obat yang cukup.
3.      Kegiatan Pelayanan
v  Pembacaan resep
ü  Nama obat dan jumlah obat
ü  Jenis dan bentuk sediaan obat
ü  Nama dan umur pasien
ü  Dosis
ü  Cara pemakaian (aturan pakai)
v  Penyiapan obat
ü  Pengambilan obat
ü  Menghitung jumlah obat
ü  Membuat dan membagi obat dalam bentuk puyer
ü  Mengemas dan memberikan etiket
ü  Penyerahan obat
·         Sebelum obat di serahkan kita harus mengecek identitas pasien,jumlah obat, jenis obat, aturan pakai, kemasan dll.
·         Obat di serahkan dengan informasi yang lengkap dan cukup.
ü  Informasi obat
·         Kapan obat di gunakan,berapa banyak pemakaian obat dan waktu pemakainan obat.
·         Lama pemakaian obat.
·         Cara penggunaan obat.
·         Efek samping obat.
·         Kegunaan obat(indikasi obat).

BAB IV
PENUTUP

1.      Kesimpulan
            Di dalam era globalisasi ini dimana dunia industri banyak mengalami perkembangan obat-obatan yang sangat pesat dalam dunia usaha atau perusahaan, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang  mempunyai keahlian dan keterampilan.
            Maka dari itu dunia pendidikan mengadakan praktek atau teori yang terdapat di lingkungan kerja secara langsung. Dalam kesempatan ini penulis mendapatakan kesempatan praktek di  SMK IT AT-TOOBA menyimpulkan, bahwa dalam program prakerin ini dapat megembangkan kemampuan atau keahlian dalam bermotivasi, berkreatifitas, dan berinisiatif tinggi dalam bekerja. Kemampuan dan keahlian kerja yang di punyai siswa itu sendiri sangatlah di perlukan guna mencapai masa depan yang cerah. Selain itu  juga siswa mendapatkan gambaran dan penglaman kerja sebelum siswa itu sendiri terjun langsung dalam dunia kerja atau dunia industri.
2.      Saran
A.      Saran untuk Sekolah
Ø   Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang          berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, para siswa cenderung lebih mudah beradaptasi dalam dunia kerja.
Ø   Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan kemajuan teknologi di dunia kerja saat ini. Dengan demikian, para siswa dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperolehnya secara maksimal.
Ø   Hendaknya Guru pembimbing harus lebih sering memonitoring para siswanya di lingkungan PKL secara langsung sehingga siswa dapat berkonsultasi mengenai informasi-informasi terbaru dari sekolah.


B.     Saran untuk Puskesmas Nyompok/Instansi yang terkait
Ø  Kepada pimpinan Puskesmas Nyompok,kami berharap agar tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kami dan para peserta PKL yang akan datang.
Ø  Untuk karyawan,kami berharap agar memperkenalkan,menjelaskan,membimbing, dan mengarahkan berbagai jenis kegiatan dalam lingkungan Puskesmas sehingga peserta PKL dapat belajar dengan maksimal. Hubungan kerjasama antar juga harus di jaga, di pertahankan dan di tingkatkan agar pelaksanaan kerja dapat lebih maksimal dan efisien.
Ø  Lebih meningkatkan tata tertib yang berlaku.
Ø  Kami juga berharap kepada Puskesmas Nyompok agar terus meningkatkan kualitas hidup pasien baik dalam hal pelayanan kesehatan kesehatan maupun kualitas kerjasama kepada masyarakat sebagai mana mestinya.













YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AT-TOOBA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK IT AT-TOOBA
NPSN.69888329/ NSS. 402280406300
TERAKREDITASI BAP-S/M Nomor. 84.BAP-S/M-SK/X/2015
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : FARMASI DAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)
Jl. Kopo – Maja, Km. 2.3, Ds. Mekar Baru, Kec. Kopo, Kab. Serang, Prov. Banten, 42178 Hp. 085692986003/085692918215



1.      Namasiswa                                    : MUH IBNU DARMAWAN
2.      Tempat/tanggallahir                      : Lebak, 22 Agustus 1999
3.      Jeniskelamin                                  : Laki-laki
4.      Golongandarah                             : -
5.      NomorIndukSiswa                        : 9999627518
6.      Alamat                                          : Kp.Kabayan Rt 07 Rw 02
7.      No Telp                                         : 083813079772
8.      Catatankesehatan                          : Baik
9.      Nama Orang Tua/Wali                  : Dasuki Rachmat
10.  Alamat Orang Tua/Wali                : Kp.Kabayan Rt 07 Rw 02

11.  No Telepon Orang Tua/Wali         : -

Kopo,……..Desember 2016


MUH.IBNU DARMAWAN






                                                                       
                                              LAMPIRAN-LAMPIRAN

 Memahami resep yang di berikan oleh Dokter dan memberikan obat tersebut kepada pasien sesuai dengan resep yang di minta

Membantu mendata,merapihkan obat kadaluarsa serta pemusnahan obat tersebut.


                                                                          






Tidak ada komentar:

Posting Komentar