BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Praktik Kerja
Lapangan (PKL)
Dalam rangka
meningkatkan sumber daya manusia (SDM)Dan meningkatkan mutu tamatan yang
meliputi kemampuan kerja dan tenaga Kerja yang handal serta trampil di perlukan
pelatihan sedini mungkin.Oleh karena Itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
mengadakan program Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Penyelenggaraan Praktik kerja Lapangan bertujuan
untuk :
1.
Menghasilkan
tenaga kerja yang ahli dan professional,yaitu tenaga kerja yang memiliki
tingkat pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan
lapangan kerja
2.
Memperkokoh
hubungan keterkaitan dan kesepadanan (link dan match) antaraSMK dan Industri
3.
Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan
prifesional
4.
Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan
siswa.
1.2
Tujuan pembuatan laporan
Tujuan
pembuatan laporan adalah untuk mengetahui kegiatan aktifitas siswa dan
perkembangan kemampuan siswa serta hasil
pencapaian dalam setiap kegiatan yang di laksanakan siswa selama
mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selain itu juga sebagai bukti
telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di PUSKESMAS NYOMPOK atau intansi
terkait.
1.3
Metode Pengumpulan Data
Untuk
memperoleh keterangan dalam menyusun laporan ini penulis mempunyai beberapa
cara yaitu:
1.
Interview
Penulis mengadakan Tanya jawab dengan pembimbing
2.
Diskusi
Data di peroleh lewat perbandingan dengan sesama
kelompok maupun dengan teman
3.
Observasi
Penulis terjun langsung ke pekerjaan dengan mencatat
segala kegiatan serta keterangan-keterangan yang di anggap menjadi bahan untuk
membuat laporan.
BAB II
Tinjauan Umum
Perusahaan
2.1 Profil Puskesmas Nyompok
A.
Data Geografis
Kecamatan
kopo merupakan salah satu kecamatan di kabupatean Serang yang berlokasi kurang
lebih 35 KM dari kabupaten Serang.Dengan luas wilayahPuskesmas Nyompok Kecamatan
Kopo 1.759 Ha dengan batas wilayahsebagai berikut :
1. Sebelah barat
berbatasan dengan Desa Pasir Buyut Kecamatan Jawilan.
2. Sebelah timur
berbatasan dengan kecamatan Solear,Kab Tangerang.
3. Sebelah Utara
berbatasan dengan kecamatan Cikande.
4. Sebelah Selatan
berbatasan dengan Desa Ranca Sumur.
Wilayah kerja Puskesmas Nyompok terdiri dari 5 Desa
yaitu DesaNyompok,Desa Cidahu,Desa Carenang,Desa Gabus dan Desa Babakan Jaya.
B.
Data Demografi
Berdasarkan data yang di
peroleh BPS(Badan Pusat Statistik) jumlah penduduk Puskesmas Nyompok,Kecamatan
Kopo pada Tahun 2015 sebesar 24929 jiwa.
Perkembangan penduduk menurut jenis kelamin dapat di lihat dari ratio
jenis kelamin yaitu perbandingan penduduk laki-laki dengan penduduk
perempuan.Jumlah penduduk laki-laki relatif lebih banyak di bandingkan dengan
penduduk perempuan yaitu masing-masing sebesar 121.785 Jiwa Penduduk perempuan
sebesar 12.144 Jiwa.
Komposisi penduduk dan
sasaran program secara lebih rinci dapat dilihat di Data Demografi.Mayoritas
masyarakat Puskesmas Nyompok beragama islam.Hal ini melatar belakangi
masyarakat yang religius,berasas gotong royong dan kekeluargaan.Struktur mata
pencaharian Puskesmas Nyompok mayoritas petani dan sebagai kecil adalah buruh
dan jasa.
C.
Data Umum UPTD Puskesmas Nyompok
Program Pelayanan
Kesehatan di Puskesmas DTP NyompokSesuai dengan kemampuan tenaga maupun
fasilitas yang berbeda-beda yang di milikimasing-masing puskesmas,program wajib
yang di laksanakan di Puskesmas DTP Nyompok Sebagai Berikut:
Program
Kesehatan Pokok/wajib :
1)
Program kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.
2)
Upaya kesehatan Limgkungan.
3)
Upaya perbaikan Gizi.
4)
Kesehatan ibu,anak dan KB.
5)
Pemberantasan penyakit menular dan pengendalian
penyakit.
6)
Pengobatan.
2.2 VISI,
MISI Dan MOTTO Puskesmas Nyompok
VISI
:
“Puskesmas Nyompok pilihan utama
masyarakat Nyompok dan sekitarnya”
MISI
:
“Puskesmas Kesehatan atau hal-hal yang akan
dilakukan UPTD Puskesmas Nyompok dalam upaya mengoptimalkan tugas pokok dan
fungsinya”
Ø Mengupayakan agar setiap pembangunan selalu berwawasan kesehatan.
Ø Mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan professional.
Ø Mendorongan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat.
MOTTO:
“Kepuasan
Anda Kebahagian Kami”
2.3 Struktur
Organisasi Puskesmas Nyompok
2.4 Standar
Pelayanan Puskesmas Nyompok
Ø Jam
Masuk Kerja
o Senin s/d Sabtu : 07:30 s/d 14:00 WIB
o Jum’at : 07:30 s/d 14:30 WIB
Ø Waktu
Pelayanan
Jam Buka Loket Pendaftaran
o Senin – Kamis : 07:30 s/d 12:00 WIB
o Jum’at : 07:30
s/d 10:00 WIB
o Sabtu : 07:30 s/d 11:00 WIB
(Waktu pengambilan
nomor antri ditutup setengah jam sebelumnya)
Ø Jam Buka Poli Klinik
o Senin – Kamis : 08:00 s/d 13:00 WIB
o Jum’at : 08:00 s/d 11:00 WIB
o Sabtu : 08:00 s/d 12:00 WIB
Pelayanan UGD : 24 jam setiap hari
Pelayanan Persalinan : 24 jam setiap hari
Tim reaksi Cepat-Siaga Bencana : 24
jam setiap hari
2.6
Jenis dan Jadwal Pelayanan
o Poli Klinik Umum : Setiap hari kerja
o Poli Klinik Gigi : Senin,Selasa,Kamis,sabtu
o Poli Klinik Anak/MTBS : Setiap hari kerja
o Poli Klinik KIA/KB : Setiap hari kerja
o Poli Klinik Imunisasi : Senin dan kamis
o Poli Klinik Gizi : Senin,Selasa,dan kamis
o Poli Klinik TB PARU : Senin,selasa dan Rabu
o Pemeriksaan Keuring : Setiap hari kerja
o Loket Obat : Setiap hari kerja
o Laboratorium : Senin,selasa dan Rabu
o Pelayanan USG : Tidak ada
o UGD/Rawat Inap : 24 jam setiap hari
o Pelayanan Persalinan : 24 jam setiap hari
BAB III
KEGIATAN POKOK PRAKTIK KERJA
LAPANGAN
3.1
Pengertian Pelayanan Obat
Pelayanan obat adalah penyerahan obat
yang benar kepada pasien yang benar dalam jumlah dan dosis yang di resepkan
secara Rasional dengan petunjuk yang jelas di sertai informasi yang di
perlukan.
3.2
Persiapan Kerja
Persiapan kerja yang di
lakukan siswa PKL sama dengan apa yang di lakukan oleh tenaga medis lainnya
yaitu setiap hari masuk pada pukul 07:15 WIB dan pulang pukul 14:00 WIB dan di
haruskan ikut mrlaksanakan peraturan yang berlaku di Puskesmas Nyompok.
3.3
Proses kerja
Dalam melaksanakn kegiatan,pertama di beri pengarahan dan
bimbingan oleh pembimbing tentang tahapan kerja,lingkungan kerja dan penempatan
kerja yang telah diberikan,kami diberikan arahan tentang pekerjaan yang harus
dilakukan sesuai dengan POLI(Ruangan) yang di tempati.Dikarenakan ada perbedaan
dalam setiap POLI(Ruangan),maka pada setiap seminggu sekali kita operan ruangan
agar kami dapat mengetahui tidak hanya satu POLI(Ruangan) yang disana.
3.4
Hasil-Hasil Yang Di Peroleh
Dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan(PKL)
selama dalam jangka waktu 1,5 bulan banyak hal yang kami peroleh baik dalam
suka maupun duka,dan kami dapat pelajaran semua yang telah kami laksanakan
sehingga pelaksanaan PKL tidak sia-sia,bahkan sebaliknya kami mendapatkan ilmu
pengetahuan tentang tata cara Pelayanan Obat yang baik.Selain mendapat ilmu
pengetahuan dari kegiatan PKL kami dapat mengenal lebih dekat dengan tenaga
medis di lingkungan Puskesmas Nyompok di Kecamatan Kopoyang telah memberikan
pengetahuannya kepada kami yang dapat di jadikan pengalaman jika sudah memasuki
dunia kerja nanti.
Melalui kegiatan PKL kami
dapat mempraktekan apa yang telah di pelajari di sekolah.Kegiatan PKL merupakan
sarana untuk menyalurkan dan mengukur tingkat kemampuan kita sebagai seorang calon
Apoteker.Dengan kegiatan PKL kami bisa menambah wawasan tentang apa saja yang
di lakukan seorang Apoteker selain memberikan pelayanan obat kepada pasien,kami
juga dapat mengetahui bahwa seorang Apoteker harus pandai bergaul dan ramah tamah terhadap
pasien.Kami juga dapat mengetahui tata cara pelayanan obat yang baik dan benar.
Kegiatan PKL sangat
menunjang sekali terhadap pendidikan di sekolah kejuruan,sebab dengan
melaksanakan kegiatan PKL kami dapat lebih mematangkan ilmu pengetahuan
sehingga kami dapat mengetahui hal-hal yang bersangkutan dengan ilmu-ilmu
tentang obat yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran untuk persiapan kami
menuju dunia kerja yang baik lagi dan untuk untuk menciptakan Sumber Daya
Manusia(SDM) yang berkualitas.
Pekerjaan yang saya lakukan setiap hari
yaitu :
A. UGD(Unit
Gawat Darurat)
1. Membantu
perawat atau bidan yang ada di UGD(Unit Gawat darurat) dari
membersihkan,mengambilkan alat dan bahan yang di perlukan dalam mengatasi
keluhan pasien.
2. Memeriksa,mendata
dan merapihkan obat di lemari obat.
B. Promkes,
Kesling dan Gizi
1. Dalam
Promkes(Promosi Kesehatan): yang sering saya lakukan yaitu ikut serta dalam
senam sehat di setiap minggunya.
2. Kesling(Kesehatan
Keliling) : Saya belum pernah dapat kegiatan pada saat Praktek Kerja
lapangan(PKL) di sana.
3. Gizi
: Saya belum pernah dapat kegiatan pada saat Praktek Kerja lapangan(PKL) di
sana.
C. Apotik
1. Melayani
pasien (Pelayanan Obat)
Pelayanan obat adalah proses kegiatan meliputi aspek
teknis dan non teknis, mulai dari menerima resep dari dokter sampai penyerahan
obat kepada pasien.
2. Tujuan
·
Pasien mendapat
obat sesuai resep.
·
Pasien mendapat
informasi tentang obat yang cukup.
3. Kegiatan
Pelayanan
v Pembacaan
resep
ü Nama
obat dan jumlah obat
ü Jenis
dan bentuk sediaan obat
ü Nama
dan umur pasien
ü Dosis
ü Cara
pemakaian (aturan pakai)
v Penyiapan
obat
ü Pengambilan
obat
ü Menghitung
jumlah obat
ü Membuat
dan membagi obat dalam bentuk puyer
ü Mengemas
dan memberikan etiket
ü Penyerahan
obat
·
Sebelum obat di
serahkan kita harus mengecek identitas pasien,jumlah obat, jenis obat, aturan
pakai, kemasan dll.
·
Obat di serahkan
dengan informasi yang lengkap dan cukup.
ü Informasi
obat
·
Kapan obat di
gunakan,berapa banyak pemakaian obat dan waktu pemakainan obat.
·
Lama pemakaian
obat.
·
Cara penggunaan
obat.
·
Efek samping
obat.
·
Kegunaan
obat(indikasi obat).
BAB IV
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Di
dalam era globalisasi ini dimana dunia industri
banyak mengalami perkembangan obat-obatan
yang sangat pesat dalam dunia usaha atau perusahaan, sehingga membutuhkan
tenaga kerja yang mempunyai keahlian dan
keterampilan.
Maka
dari itu dunia pendidikan mengadakan praktek atau teori yang terdapat di
lingkungan kerja secara langsung. Dalam kesempatan ini penulis mendapatakan
kesempatan praktek di SMK IT AT-TOOBA menyimpulkan,
bahwa dalam program prakerin ini dapat megembangkan kemampuan atau keahlian
dalam bermotivasi, berkreatifitas, dan berinisiatif tinggi dalam bekerja.
Kemampuan dan keahlian kerja yang di punyai siswa itu sendiri sangatlah di
perlukan guna mencapai masa depan yang cerah. Selain itu juga siswa mendapatkan gambaran dan penglaman
kerja sebelum siswa itu sendiri terjun langsung dalam dunia kerja atau dunia
industri.
2.
Saran
A.
Saran untuk Sekolah
Ø Sekolah perlu memberikan penekanan
pada masalah budaya kerja yang
berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, para
siswa cenderung lebih mudah beradaptasi dalam dunia kerja.
Ø Sekolah perlu memberikan penekanan
pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan kemajuan teknologi di dunia
kerja saat ini. Dengan demikian, para siswa dapat mengaplikasikan ilmu dan
keterampilan yang diperolehnya secara maksimal.
Ø Hendaknya Guru pembimbing harus
lebih sering memonitoring para siswanya di lingkungan PKL secara langsung
sehingga siswa dapat berkonsultasi mengenai informasi-informasi terbaru dari
sekolah.
B.
Saran untuk Puskesmas Nyompok/Instansi yang terkait
Ø Kepada pimpinan Puskesmas Nyompok,kami berharap agar tidak bosan-bosannya
memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kami dan para peserta PKL yang akan
datang.
Ø Untuk karyawan,kami berharap agar memperkenalkan,menjelaskan,membimbing,
dan mengarahkan berbagai jenis kegiatan dalam lingkungan Puskesmas sehingga
peserta PKL dapat belajar dengan maksimal. Hubungan kerjasama antar juga harus
di jaga, di pertahankan dan di tingkatkan agar pelaksanaan kerja dapat lebih
maksimal dan efisien.
Ø Lebih meningkatkan tata tertib yang berlaku.
Ø Kami juga berharap kepada Puskesmas Nyompok agar terus meningkatkan
kualitas hidup pasien baik dalam hal pelayanan kesehatan kesehatan maupun
kualitas kerjasama kepada masyarakat sebagai mana mestinya.
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN
SMK IT AT-TOOBA
NPSN.69888329/ NSS. 402280406300
TERAKREDITASI BAP-S/M Nomor. 84.BAP-S/M-SK/X/2015
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : FARMASI DAN TEKNIK KOMPUTER
JARINGAN (TKJ)
Jl.
Kopo – Maja, Km. 2.3, Ds. Mekar Baru, Kec. Kopo, Kab. Serang, Prov. Banten,
42178 Hp. 085692986003/085692918215
1.
Namasiswa : MUH IBNU DARMAWAN
2.
Tempat/tanggallahir :
Lebak, 22 Agustus 1999
3.
Jeniskelamin : Laki-laki
4.
Golongandarah : -
5.
NomorIndukSiswa :
9999627518
6.
Alamat :
Kp.Kabayan Rt 07 Rw 02
7.
No
Telp :
083813079772
8.
Catatankesehatan :
Baik
9.
Nama
Orang Tua/Wali : Dasuki
Rachmat
10. Alamat Orang Tua/Wali : Kp.Kabayan Rt 07 Rw 02
11. No Telepon Orang
Tua/Wali : -
Kopo,……..Desember 2016
MUH.IBNU
DARMAWAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Memahami resep yang di berikan oleh Dokter
dan memberikan obat tersebut kepada pasien sesuai dengan resep yang di
minta
|
Membantu
mendata,merapihkan obat kadaluarsa serta pemusnahan obat tersebut.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar